Rawatlah Bukumu ! Gak Susah Kok !

Happy pertengahan September \(^_^)/

Tuk bulan September ini, aku niatkan untuk memosting artikel tentang buku. Bukan review buku pastinya (gak ahli review soalnya). Tapi, yaa pokoknya berhubungan dengan buku lah !.

Seperti judul diatas, aku akan memberikan tips-tips untuk merawat buku yang baik dan benar !




PERTAMA
DISAMPUL. Menyampul buku sebenarnya tak terlalu sulit. Coba ke toko alat-alat tulis, lalu beli plastik mika bening yang sudah dipotong sekalian (harganya terjangkau, gak mahal). Usahakan jangan terlalu ketat nyampulnya ya, karena bisa membuat cover jadi melengkung.

KEDUA
SUSUN BERDIRI, JANGAN DITUMPUK. Menumpuk buku apalagi dalam waktu yang lama, dapat mengakibatkan kertas lengket, atau minimal ada tinta cetakan yang menempel di halaman berikutnya.

KETIGA
JANGAN DILIPAT. Melipat buku bisa merusak kertas. Gunakan pembatas buku yang sekarang selalu menjadi bonus buku-buku yang kamu beli. Jangan menaruh bolpen atau pensil di dalam buku sebagai pembatas, karena bisa merusak jilid.

KEEMPAT
JANGAN DICORET. Jangan ditulisi, di-hilite atau apa pun dengan marker, bolpen, bahkan pensil. Gunakan post-it atau sticky notes. Pilih yang berperekat bagus, agar tak meninggalkan sisa perekat pada buku.

KELIMA
JANGAN TERLALU LAMA DI KARDUS. Hindari menyimpan buku-buku terlalu lama di dalam kotak kardus. Kardus kertas yang bahannya berupa kayu, mengandung asam yang cukup tinggi. Akibatnya, buku berubah warna jadi kekuningan. Sebisa mungkin, keluarkan dari kardus ya. Jika terpaksa, simpanlah buku dalam box-box plastik atau kotak penyimpanan sejenis.

KEENAM
BERSIHKAN BUKU DAN RAKNYA. Buku jika sudah lama tentu akan berdebu. Bersihkanlah satu persatu secara teratur dengan menurunkannya dari rak, setidaknya sebulan sekali. Sekaligus kamu bisa menatanya ulang biar nggak bosen juga.

KETUJUH
BERI KAMPER. Buku mengundang rayap karena bahan utama buku adalah kayu. Beri kamper yang dihancurkan atau bisa juga beri bubuk cengkeh agar buku kita terjaga dari rayap. Alternatif lain, bisa menggunakan biji lada putih yang dilapisi kain, serpihan arang kelapa yang dimasukkan ke dalam amplop bertutup rapat, silica gel dalm kemasan bungkus (tersedia di toko kimia)

Gimana tipsnya ?. Dipratekkan ya ! And, semoga bermanfaat ^_^))/



Sumber : StilettoBook.com

Posting Komentar

Terimakasih sudah meninggalkan komentar di BlogKuJie ^^