Diet itu apa sih ?

"Kamu agak kurusan yah sekarang"

Diatas itu, adalah kalimat yang sering aku dapatkan seminggu belakangan ini. Orangtua, adik yang serupa tapi tak kembar, sepupu, dan beberapa teman.

Bangga ?

Hmmm, nggak juga sih ! Karena berdasarkan dari pengamatan terhadap bentuk badan diri sendiri. Yaa, memang begini. Badan aku memang cepat chubby-nya tapi cepat juga kurus-nya. Lain cerita kalo yang berubah adalah tinggi badan aku. Mungkin aku akan bangga jika tinggi badanku berubah seperti Nadine Chandrawinata ^_^))"v

Tapi, ngomong-ngomong berat badan. Beberapa teman mengira, aku kurusan karena melakukan diet. Padahal nggak ! Aku gak diet, ini karena stress aja jadi berat badan drop begini -__-))"> Dan, untuk masalah diet sendiri, kayaknya banyak yang salah kaprah dengan "diet" tersebut.

Nah, berikut sedikit pembahasan tentang diet~~


Seringkali bahkan kebanyakan orang tuh menganggap bahwa diet adalah proses penurunan berat badan. Padahal menurut ahli gizi, arti diet lebih luas dan tak melulu tentang penurunan berat badan.

Kata diet sendiri dalam bahasa Inggris artinya pengaturan pola makan. Dari sini aja, sudah dapat disimpulkan, bahwa diet itu pola makan kita yang diatur agar seimbang, bukannya pengurangan asupan makanan supaya berat badan turun.

Untuk melakukan diet pun sebenarnya gak seenak nempel tangan dijidat. Tapi perlu juga menghitung (analisis) berapa besar asupan makanan yang diperlukan untuk mencapai tingkat asupan gizi seimbang untuk tubuh. Lalu, memilih jenis atau metode diet juga jangan sembrono. Seperti, memilih dietnya Dedy Corbuzier. Kan belum tentu berhasil bakal dapat bentuk badan dan otot kayak si om botak itu.

Belum lagi, jika mempercayai mitos-mitos diet yang dibawah ini, seperti :

Tidak makan malam
Menghindari makan malam untuk menurunkan berat badan, adalah mitos yang kurang tepat. Karena menghilangkan makan malam akan berakibat munculnya keluhan tubuh tidak nyaman, lapar, atau bahkan gangguan lambung (sakit mag).

Tidak sarapan pagi bagus untuk diet
Salah pake banget nih. Karena tanpa sarapan, gula darah akan bisa turun. Kadar gula yang rendah akibatnya konsentrasi terganggu, lemas, mudah marah dan sebagainya. Sehingga bagi orang yang bekerja jadi tidak efektif. 

Minum air putih/air es akan membuat tubuh melar
Ini juga mitos yang salah kaprah. Air putih tidak mengandung kalori, jadi tidak akan menyebabkan gemuk. Air es memang akan membuat penyerapan makanan jadi lebih baik, tetapi air putih sendiri tidak memberikan sumbangan kalori. Sehingga seberapa banyak minum air putih tidak akan meningkatkan timbunan lemak. Pada tubuh yang normal, konsumsi air yang sangat banyak akan dikeluarkan oleh tubuh melalui kencing, sehingga kandungan air di tubuh tetap dalam bataas normal.

Air jeruk nipis cespleng menurunkan berat badan
Mitos yang juga tak benar. Malah, yang terjadi, biasanya kita meminum es jeruk dengan ditambah gula banyak-banyak supaya manis, karena jeruknya sangat asam. Akibatnya, lemak makin menumpuk. Boro-boro berat badan turun, yang terjadi malah bisa sebaliknya.

Nah, itu beberapa hal tentang diet yang aku tahu dan juga dibantu dengan artikel hasil search di internet. Semoga, bisa sedikit membantu memperbaiki kesalahkaprahan tentang "diet" yang ada selama ini ^_^))/

Poskan Komentar

Terimakasih sudah meninggalkan komentar di BlogKuJie ^^